11.19.2012

Bekal Masa Depan Dengan Musik Klasik

Bekal Masa Depan Dengan Musik Klasik


Musik klasik pada masa kini semakin banyak dan menjamur mungkin puluhan mungkin juga ratusan yang berdiri di seluruh tanah air tentang sekolah musik. Tapi tau kan anda tentang musik ini adalah bekal masa depan untuk anak yang berusia dibawah umur. maksutnya apakan musik bisa membawa kita menjadi kaya atau terkenal.? bukan itu saja kalau menjadi kaya atau terkenal tergantung dari siswa yang serius mendalami tentang musik juga di butuhkan modal seperti bakat musik dukungan orang tua juga modal keuangan yang memadai tapi bisa juga karena keberuntungan. Jadi maksud judul yang diatas Bekal masa depan dengan musik adalah. sianak mempelajari musik klasik dengan membaca not balok sambil bermain alat musik ini secara tidak langsung sudah memperbaiki sistem kerja Otak agar lebih seimbang nah lalu apa yang dimaksut bekal masa depan? Dekal disini bukan bekal untuk menjadi kaya tapi bekal kepribadian, bekal kedewasaan, bekal kecerdasa dan bekal kemandirian.

  1. Bekal Kemandirian  dalam mempelajari musik klasik ini di ajarkan kedisiplinan. dalam mermain musik kita ambil saja contoh bermain gitar klasik. posisi duduk harus tegak dan memangku gitar harus dipaha kiri dan kaki kiri juga harus bertumpu pada foadstul untuk tumpuan sedangkan jari kiri mengunakan kode angka untuk menekan sedangkan jari kanan juga menggunakan kode untuk memetik. nah dalam mempelajari musik klasik ini sudah di atur sedemikian rupa seperti penempatan jari yang akan di tekan dan dipetik jadi tidak asal menekan dan memetik nah dari sini sianak sudah diajarkan tentang kedisiplinan tentunya sangat berpengaruh dalam kehidupannya kelak.
  2. Bekal kedewasan siswa yang mempelajari musik klasik sedikit demi sedikit akan terlatih tingkat kedewasaan nah pengertian kedewasaan ini sangat luas.jadi siswa yang mempelajari musik kalsik dengan tingkat kesulitan yang beragam sianak berusaha untuk bisa memainkan lagu bila sianak menyerah berati dia melewatkan lagu yang enak didengar bila tidak menyerah sianak akan berusaha untuk bisa memainkan lagu tersebut nah disini peran seorang guru musik untuk meyakinkan pada anak yang menyerah terus untuk berusaha agar bisa. Sudah jelas ini akan berdampak tingkat kewasaan sianak dan secara tidak langsung akan terlatih dan tertanam kedewasaannya.
  3. Kecerdasan Untuk kecerdasan si anak bukan berati nilai rapornya akan langsung bagus atau tinggi hasil ujiannya. yang dimaksut kecerdasan ini anak yang mempelajari musik klasik akan terus terasah dalam ketajaman berfikir dan fokus dalam setiap pelajaran yang akan di ikutinya. ini juga berdampak pada anak jadi malas belajar pelajaran yang ada disekolah dikarenakan setiap guru menerangkan. anak ini cepat mengerti dan tau maksud guru yang menerangkan dan sianak juga fokus. Jadi alasan anak tidak mau belajar karena sudah menguasai bahan pelajaran. Dasyat bukan Musik klasik. kenapa bisa demikian? setiap anak mermaen musik atau belajar musik yang pertama pandangan anak tetap kebuku musik ini latihan fokus sedangkan jari kanan dan kiri memainkan alat musik tanpa mata melihat alat musik. Bila mata melihat alat musik yang di maenkan mungkinkah sianak bisa membaca buku tentu tidak. Dibutuhkan konsentrasi untuk bisa membaca dan bermaen musik sedangkan pola permaenan sudah diatur didalam buku kalsik inilah yang menyebapkan sianak bertambah kecerdasannya dan lebih fokus pada masalah yang dihadapinya dalam pelajaran di sekolah.
  4. Kemandirian Dalam bermaen musik anak akan selalu penasaran dengan lagu yang dia sukai sianak akan terus berusaha untuk latihan agar sianak mendaptkan kepuasan dalam dirinya tentunya ini akan sangat berpengaruh tentang kemandirian karena sianak tidak akan cepat menguasai permainan bila mengandalkan guru musik semata dan tentunya anak akan berusaha berlatih dirumah sendiri tanpa guru yang mendampinginya berarti sianak secara perlahan kemandirian tepupuk dalam dirinya.
Nah bekal inilah nantinya yang akan didapat pada sianak tentunya peran orang tua harus bisa menyadari pentingnya belajar musik. Bila orentasinya sianak harus pintar bermaen musik atau jago atau juga anak ini tidak berbakat. itu saya katakan salah. menurut saya biarlah sianak belajar musik sesuai dengan kemampuanya dan biarkan sianak melajar menikmati setiap lagu yang dimaenkan. untuk orang tua juga harus menyadari untuk mermaen musik secara benar tidaklah mudah dan jangan selalu menuntut pada anak lagu apa saja yang bisa dimaenkan tapi liat perkembangan anak apakah sianak sering berlatih atau tidak tentunya bila anak sering berlatih saya rasa tidak perlu bertanya lagu apa saja yang sudah bisa dimainkan karena pada saat latihan sianak sudah memaenkan lagu. Perlu di ingat para orang tua bahwa belajar musik klasik tidah mudah dan daya tangkap serta jam latihan anak juga terbatas. Maka para orang tua yang sadar akan bekal anaknya kelak segeralah belajar musik karena musik sangat menyenangkan.Oke sekian dulu yah Trima kasih

2 komentar:

  1. memang sangat diperlukan untuk belajar musik karena kehidupan ini tak lepas dari musik dan paling tidak bisa mengurangi kenakalan remaja dengan menyalurkan bakat yang bermanfaat.

    BalasHapus