4.14.2013

Belajar HTML Dasar I






Dasar-Dasar HTML
HTML merupakan singkatan dari HyperText Markup Language adalah script untuk menyusun dokumen-dokumen Web.mendesain HTML berarti melakukan suatu tindakan pemrograman. Namun HTML bukanlah sebuah bahasa pemrograman. Namun HTML hanyalah berisi perintah-perintah yang telah terstruktur berupa tag-tag penyusun. Menuliskan tag-tag HTML tidaklah sebatas hanya memasukkan perintah-perintah tertentu agar HTML kita dapat di akses oleh browser. Mendesain HTML adalah  sebuah seni tersendiri. Homepage yang merupakan implementasi dari HTML adalah refleksi dari orang yang membuatnya. Untuk itu kita perlu mendesainnya dengan baik agar para pengunjung homepage yang kita buat merasa senang dan bermanfaat.
Mendesain HTML dapat dilakukan dengan dua cara:
  1. Menggunakan HTML Editor, seperti Microsoft FrontPage, Adobe Dreamweaver, dan lain-lain.
  2. Dengan cara menuliskan sendiri secara manual satu persatu tag-tag HTML ke dalam dokumen HTML.
Kedua cara diatas memiliki Kelebihan dan kekurangan. Cara pertama kelebihannya adalah HTML Editor merupakan sebuah program yang khusus didesain untuk membuat, melakukan editing bahkan mem-publish ke internet. Dengan kemampuannya menggabungkan kemudahan dan kecanggihan teknologi internet ke dalam dokumen HTML maka cara ini sangat disukai oleh para pemula dan desainer yang tidak ingin belajar lebih mendalam mengenai HTML. Sedangkan cara kedua adalah menuliskan secara manual satu persatu tag-tag HTML. Hal ini sangat disarakan sulit dikarenakan akan memakan tenaga dan waktu ekstra untuk melakukannya, ditambah lagi Anda harus melakukan cara-cara konvensional untuk melihat hasilnya pada web browser. Namun pada cara kedua adalah dasar dari segala bentuk HTML yang akan Anda pelajari, karena dengan cara itulah Anda akan lebih paham mengenai cara kerja dan berbagai perintah yang biasa dipakai pada bahasa HTML.
Struktur Dasar Dokumen HTML
Dokumen HTML disimpan dalam format teks reguler dan mengandung tag-tag yang memerintahkan web browser untuk mengeksekusi perintah-perintah yang dispesifikasikan. Struktur dasar dokumen HTML(Tag, Element, Attribute), Element HTML, Element HEAD, Element TITLE, Element BODY. Secara sederhana HTML terdiri dari dua bagian yaitu Header dan Body. Struktur HTML diapit oleh tag awal <HTML> dan tag akhir </HTML>. Standar penulisannya adalah:
<HTML>
<HEAD>
Deskrisi dokumen
</HEAD>
<BODY>
Isi dokumen
</BODY>
</HTML>
Contoh aplikasinya
Buatlah scrips teks seperti dibawah ini dengan menggunakan NotePad dan simpan filenya dengan nama latihan1.html
<HTML>
<HEAD>
<TITLE>Belajar Dasar-Dasar HTML</TITLE>
</HEAD>
<BODY>
Pelajaran Pertama saya mengenai pemerograman HTML, Ternyata Belajar HTML itu sangat mudah dan mengasyikan</BODY>
</HTML>
Keterangan:
  • Tag <TITLE> digunakan untuk memberi judul dokumen HTML. Judul ini dapat Anda lihat pada pojok kiri atas (title bar) browser. Ketika orang akan mem-bookmark web Anda, maka judul inilah yang akan disimpan.
  • <BODY>  adalah isi dokumen yang akan ditampilkan dibrowser Anda
Untuk melihat hasilnya, silakan jalankan browser favorit Anda, dengan cara membuka file latihan1.html yang sudah Anda buat tadi dengan menggunakan browser seperti contoh tampilan dibawah ini saya menggunakan browser Mozila Firefox :

Setelah mempelajari materi ini diharapkan anda dapat memahami struktur dasar dari dokumen HTML.

Referensi Tag HTML
1. Heading
Merupakan kepala dari dokumen HTML. Tag <head> dan tag </head> terletak di antara tag <html> dan tag </html>.
Sintaks:
<head>
...........
</head>
Heading adalah sekumpulan kata yang menjadi judul atau subjudul dalam suatu dokumen HTML. Heading berbeda dengan tag <TITLE> yang tidak bisa muncul dalam halaman web. HTML menyediakan enam tingkatan heading. Heading level 1 biasanya untuk judul utama.
Contoh:
<HTML>
<HEAD>
<TITLE>Headings</TITLE>
</HEAD>
<BODY>
<H1>Heading Level 1</H1>
<H2>Heading Level 2</H2>
<H3>Heading Level 3</H3>
<H4>Heading Level 4</H4>
<H5>Heading Level 5</H5>
<H6>Heading Level 6</H6>
</BODY>
</HTML>

2. Paragraf
Untuk membuat paragraf digunakan tag <P>. Setelah tag <P> Anda bisa menulis isi paragraf dan paragraf tersebut harus diakhiri dengan penutup </P>. Anda bisa mengatur posisi paragraf dengan attribut ALIGN. Atribut ALIGN diikuti dengan posisi yang diinginkan. LEFT untuk rata kiri, CENTER untuk rata tengah dan RIGHT untuk rata kanan.
Contoh:
<HTML>
<HEAD>
<TITLE>Paragraf</TITLE>
</HEAD>
<BODY>
<P ALIGN="right">
Yang harus Anda sadari adalah mencari uang di internet bukanlah bisnis secara riil, tapi sebenarnya kita berhadapan dengan dunia maya,  yang perlu Anda cermati hanyalah banyak jebakan dalam dunia maya yang begitu cerdas dan banyak situs-situs web bisnis online yang buat Anda ragu berhasil atau gagal untuk menjalaninya, sehingga banyak orang terperdaya, tertipu dan menyia-nyiakan waktu bahkan uangnya dan akhirnya tidak ada hasil sama sekali, salah satu penyebabnya adalah kurangnya pengetahuan yang mendalam tentang skill tekhnis dan strategy untuk sukses bisnis online.                   <P ALIGN="center">
Memang, sampai saat ini masih banyak orang tidak percaya bahwa bisnis secara online bisa membuat penggunanya menjadi kaya raya, itu tidak benar, sebab kenyataannya banyak orang menjadikan bisnis online sebagai sumber penghasilannya yang besar, segera ikuti petunjuk-petunjuk yang ada dalam blok saya ini, Anda akan diarahkan bagaimana keberhasilan para interneter  kelas lokal maupun dunia yang membangun kekayaan secara bisnis online, dan rahasianya di kupas tuntas disini dan buktikan sendiri hasilnya, karena blog rahasia bisnis online ini adalah intisari dari ratusan situs web bisnis online dengan menggunakan trik dan strategy ampuh agar Anda bisa  membangun kekayaan secara online .                           <P ALIGN="left">
Untuk menjalani bisnis online agar Anda sukses, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah melakukan persiapan. Tahapan ini sangat penting dan Anda harus melakukannya karena dalam artikel ini memberikan Anda bukti keberhasilan bukan saja hanya menambah pengetahuan Anda tentang bagaimana menjalani bisnis online.      </P>
</BODY>
</HTML>
Dibawah ini adalah tampilan pada halaman browser dari contoh script diatas :

Dari struktur dasar HTML di atas dapat dijelaskan sebagai berikut :
a. Tag
Adalah teks khusus (markup) berupa dua karakter "<" dan ">",  sebagai contoh <body> adalah tag dengan nama body.
Secara umum tag ditulis secara berpasangan, yang terdiri atas tag pembuka dan tag penutup (ditambahkan karakter "/" setelah karakter "<"), sebagai contoh <body> ini adalah tag pembuka isi dokumen HTML, dan </body> ini adalah tag penutup isi dokumen HTML.
b. Element
Element terdiri atas tiga bagian, yaitu tag pembuka, isi, dan tag penutup. Sebagai contoh untuk menampilkan judul dokumen HTML pada web browser digunakan element title, dimana:
<title> ini adalah tag pembuka judul dokumen HTML
Disini Judul Dokumen HTML ini adalah isi judul dokumen HTML
</title> ini adalah tag penutup judul dokumen HTML
Tag-tag yang ditulis secara berpasangan pada suatu element HTML,  tidak boleh saling tumpang tindih dengan pasangan tag-tag lainnya.
Contoh penulisan tag-tag yang benar
<p>
    <b>
................
    </b>
</p>
Contoh penulisan tag-tag yang salah
<p>
    <b>
................
</p>
</b>
c. Attribute
Attribute mendefinisikan property dari suatu element HTML, yang terdiri atas nama dan nilai. Penulisannya adalah sebagai berikut:
<TAG>
   nama-attr="nilai-attr"
   nama-attr="nilai-attr"
   .................
>
   .................
</TAG>
Secara umum nilai attribute harus berada dalam tanda petik satu atau dua. Sebagai contoh, untuk membuat warna teks menjadi kuning dan latarbelakang halaman web menjadi hitam, penulisannya adalah <body bgcolor="black" text="yellow">
d. Element HTML
Menyatakan pada browser bahwa dokumen Web yang digunakan adalah HTML.
Sintaks:
<html>
..........
</html>
e. Element HEAD
Merupakan kepala dari dokumen HTML. Tag <head> dan tag </head> terletak di antara tag <html> dan tag </html>.
Sintaks:
<head>
...........
</head>
f. Element TITLE
Merupakan judul dari dokumen HTML yang ditampilkan pada judul jendela browser. Tag <title> dan tag </title> terletak di antara tag <head> dan tag </head>.
Sintaks:
<title>
.........
</title>
g. Element BODY
Element ini untuk menampilkan isi dokumen HTML. Tag <body> dan tag </body> terletak di bawah tag <head> dan tag </head>.
Element BODY mempunyai attribute-attribute yang menspesifikasikan khususnya warna dan latarbelakang dokumen yang akan ditampilkan pada browser.
Sintaks:
<body text="v" bgcolor="w" background="uri" link="x" alink="y" vlink="z">
..............
</body>
Attribute text memberikan warna pada teks, bgcolor memberikan warna pada latarbelakang dokumen HTML, background memberikan latarbelakang dokumen HTML dalam bentuk gambar, link memberikan nilai warna untuk link, alink memberikan warna untuk link yang sedang aktif, vlink memberikan warna untuk link yang telah dikunjungi.
Jika attribute bgcolor dan background keduanya dispesifikasikan maka attribute background yang akan digunakan, akan tetapi jika nilai attribute background (gambar) tidak ditemukan pada dokumen HTML maka attribute bgcolor yang akan digunakan.

LATIHAN
Gunakan teks editor misalkan "Notepad" untuk menyunting dan menyimpan script latihan di bawah ini. Untuk melihat hasilnya bukalah file tersebut dengan menggunakan web browser favorit Anda
Latihan 1:
Menampilkan teks:
                           Belajar bahasa pemrograman web sangatlah mudah:)
Nama file: latihan1_1.html
<html>
<head>
<title>Latihan1-1</title>
</head>
<body> 
        Belajar bahasa pemrograman web sangatlah mudah:)                                       </body>
</html>
Tugas tambahan:
Gantilah teks tersebut dengan teks sesuai dengan teks yang Anda inginkan.
Latihan 2:
Merubah warna teks menjadi merah:
Belajar bahasa pemrograman web sangatlah mudah
Nama file: latihan1_2.html
<html>
<head>
<title>Latihan1-2</title>
</head>
<body text="red">
        Belajar bahasa pemrograman web sangatlah mudah:)                                      </body>
</html>
Tugas tambahan:
Cobalah untuk warna: maroon, black, yellow, white, lime, green, blue, red, olive, navy, purple, teal, gray, silver, fuchsia, aqua.
Latihan 3:
Merubah warna background menjadi hitam.
Nama file: latihan1_3.html
<html>
<head>
<title>Latihan1-3</title>
</head>
<body text="red" bgcolor="black">
        Belajar bahasa pemrograman web sangatlah mudah:)                                     
</body>
</html>
Tugas tambahan:
Cobalah untuk warna: maroon, black, yellow, white, lime, green, blue, red, olive, navy, purple, teal, gray, silver, fuchsia, aqua.
Latihan 4:
Merubah background dengan suatu gambar.
Nama file: latihan1_4.html
<html>
<head>
<title>Latihan1-4</title>
</head>
<body text="red" bgcolor="aqua" background="./images/image027.jpg">
       Belajar bahasa pemrograman web sangatlah mudah:)                                       </body>
</html>


Tidak ada komentar:

Posting Komentar