11.18.2012

Buku Penghargaan bagi 2468 Penyelam

Buku Penghargaan bagi 2468 Penyelam


Aksi penyelaman terbanyak, dan berhasil memecahkan dua rekor dunia yang dicatat dalam Guinness World of Record (GWR), yang diciptakan saat Sail Bunaken 2009 lalu, menjadi momen yang luar biasa. Dan untuk mengingat kejadian ini, maka TNI AL bekerja sama dengan beberapa pihak yang terlibat dalam kegiatan spektakuler ini, membuatnya dalam sebuah
buku  yang berjudul "Indonesia Mengukir Sejarah Selam Dunia", yang khusus didedikasikan pada para penyelam yang membuat rekor selam tersebut.

"Ini kejadian yang luar biasa, dan semuanya zero accident, atau tanpa ada kecelakaan. Bayangkan 2.468 penyelam sama sama menyelam dalam satu lokai tanpa ada kecelakaan berarti. Kita memang layak masuk dan tercatat dalam GWR," kata Laksama (Purn) Tedjo Edhy,mantan Kepala Staf TNI AL (KASAL) yang menjadi pemrakarsa penyelaman dunia ini, saat memberikan sambutan peluncuran buku yang dilakukan di Graha Jala Puspita kemarin (10/9).

Ditambahkan Edhy, pemecahan rekor ini akan sulit untuk dilakukan lagi selang 10 tahun kedepan, karena bukan hal mudah untuk mendapatkan tempat dan mengkoordinasikan ribuan orang untuk turun seketika melakukan pelatihan scuba diving dan Upacara Bendera di bawah laut. 
8 orang penyelam dari Kwartir Cabang Cianjur

Buku Indonesia Mengukir Sejarah Dunia ini berisikan tentang kegiatan persiapan pemecahan rekor dunia selam, hingga terciptanya rekor ini, yang dilakukan di Pantai Malalayang Sulawesi Utara, dalam rangka Sail Bunaken 2009.

Diulas pula keterlibatan semua penyelam, dan panitia yang menyiapkan kegiatan dunia ini. Tidak ketinggalan juga beragam kekayaan alam laut di Indonesia yang bisa dijadikan tujuan wisata.

Turut hadir dalam kegiatan ini adalah KASAL Laksamana TNI Soeparno, Kapuspen TNI Laksamana Muda Iskandar Sitompul, anggota DPR RI Ruhut Sitompul, Asrenum Panglima TNI Laksamana Muda Among Margono, Dan Brigif-2 Marinir Kol Mar Suhartono dan beberapa pejabat POSSI, dan Kami yang mewakili Pramuka Kwartir Cabang Cianjur yang tergabung dengan para Scout Diver dari seluruh indonesia di kwartir nasional, berikut 8 orang penyelam dari Kwartir Cabang Cianjur :
1. H.R.M.Darojat Ali
2. Rana Irawan
3. Indra Ramdani
4. Samsul Rizal
5. Andi Darussalam
6. Handri Setiabudi
7. Asri Eka Mutiara
8. Irma Nurmayanti

Tidak ada komentar:

Posting Komentar